PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama
sekolah : MTs Negeri Muaradua
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Tahun
Pelajaran : 2008 / 2009
No
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
1.1
|
ü Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
ü Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
ü Mampu
mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesan-kan
ü Mampu
menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui Tanya
jawab
ü Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesan-kan berdasarkan pokok-pokok
rangkaian cerita dengan mengguna-kan pilihan kata yang tepat dan kalimat
efektif
|
|
|
|
|
|
|
||
1.3
|
ü Mampu
membaca cepat 200 kata permenit
ü Mampu
menjawab Menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
ü Mampu
menyimpul-kan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
|
|
|
|
|
|
||
1.4
|
ü Mampu
menuliskan pokok-pokok penga laman pribadi yang terjadi dlm suatu hari
ü Mampu
secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yg ekspresif
|
|
|
|
|
|
|
||
2.1
|
ü Mampu
menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/ televisi
ü Mampu
menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok cerita.
ü Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
ü Mampu
bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik
yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
||
2.3
|
ü Mampu
mengidenti-fikasi berbagai teks perangkat upacara.
ü Mampu
membaca-kan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
||
2.4
|
ü Mampu
menentu-kan syarat-syarat pantun.
ü Mampu
menulis pantun
ü Mampu
menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
ü Mampu
menunjuk-kan pokok-pokok berita yang didengarkan
ü Mampu
menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
ü Mampu
menyimpul-kan isi berita dalam satu alinea.
|
|
|
|
|
|
|
||
3.2
|
ü Mampu
Menentukan unsur/ bagian buku cerita yang akan dikomentari.
ü Mampu
Mengomen-tari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
|
|
|
|
|
|
|
||
3.3
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok cerita.
ü Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
ü Mampu
bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik
yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
ü Mampu
menentu-kan perbedaan komposisi
ü Mampu
menulis
ü Mampu
menyunting
|
|
|
|
|
|
|
||
4.1
|
ü Mampu
menemukan isi di dalam dongeng
ü Mampu
merelevansi-kan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok pengu-muman
ü Mampu
merangkai pokok-pokok pengu-muman
ü Mampu
mengumum-kan dengan intonasi yang tepat serta mengguna-kan kalimat yang lugas
dan sederhana.
|
|
|
|
|
|
|
||
4.3
|
ü Mampu
menemu-kan tema secara cepat dan tepat
ü Mampu
menemu-kan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
|
|
|
|
|
|
||
4.4
|
ü Mampu
menentu-kan pokok-pokok dongeng
ü Mampu
menulis dongeng berdasar-kan urutan pokok-pokok dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1
|
ü Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
ü Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
ü Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
ü Mampu
bercerita dengan mengguna-kan alat
ü
|
|
|
|
|
|
|
||
5.3
|
ü Mampu
menemu-kan tema secara cepat dan tepat
ü Mampu
menemu-kan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
ü
|
|
|
|
|
|
|
||
5.4
|
ü Mampu
menuliskan pokok-pokok pengala-man pribadi yang terjadi dalam suatu hari
ü Mampu
secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
Cik Aman. Ks S.Ag Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753 NIP.
---
PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama
sekolah : MTs Negeri Muaradua
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : VII / 2
Tahun
Pelajaran : 2008 / 2009
No
|
KD /
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
6.1
|
ü Mampu
menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
ü Mampu
menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2
|
ü Mampu
mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesan-kan
ü Mampu
menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya
jawab
ü Mampu
mencerita-kan pengalaman yang paling mengesan-kan berdasarkan pokok-pokok
rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat
efektif
|
|
|
|
|
|
|
||
6.3
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
ü Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
ü Mampu
mencerita-kan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.
|
|
|
|
|
|
|
||
6.4
|
ü Mampu
menentu-kan perbedaan komposisi
ü Mampu menulis
ü Mampu
menyunting
|
|
|
|
|
|
|
||
7.1
|
ü Mampu
menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
ü Mampu
menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2
|
ü Mampu menentukan
pokok-pokok cerita
ü Mampu
bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik
yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
||
7.3
|
ü Mampu
mendata membaca cepat 200 kata permenit
ü Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
ü Mampu
menyimpul-kan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
|
|
|
|
|
|
||
7.4
|
ü Mampu
menentukan syarat-syarat pantun
ü Mampu
menulis pantun
ü Mampu
menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.1
|
ü Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
ü Mampu
merangkai ide-ide menarik dari dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2
|
ü Mampu
menentukan pokok-pokok peng-umuman
ü Mampu
merangkai pokok-pokok peng-umuman menjadi sebuah peng-umuman
ü Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
||
8.3
|
ü Mampu
menentukan unsur/ bagian buku cerita yang akan dikomentari
ü Mampu
mengomen-tari cerita dengan alas an yang logis dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
|
|
||
8.4
|
ü Mampu
menentu-kan pokok-pokok peng-umuman
ü Mampu
menulis teks peng-umuman dengan bahasa yang efektif
ü Mampu
menyunting teks peng-umuman
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2008
Kepala sekolah Guru
Mata Pelajaran
Cik Aman. Ks S.Ag
Ida
Laila, S.Pd
NIP. 150789753 NIP.
---
PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama sekolah : MTs Negeri Muaradua
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / 1
Tahun Pelajaran : 2008 / 2009
No
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
1.1
|
ü Mampu
menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau
pendapat
ü Mampu
memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
ü Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
ü Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memperhati-kan etika berwawan-cara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3
|
ü Mampu
menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
ü Mampu
menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4
|
ü Mampu
menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
ü Mampu
mengem-bangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
ü Mampu
menentukan unsur-unsur pementasan drama
ü Mampu
menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
ü Mampu
menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
ü Mampu
memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan
intonasi yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3
|
ü Mampu
mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
ü Mampu
menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
ü Mampu
menyimpul-kan isi teks bacaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4
|
ü Mampu
menentukan sistematika
ü Mampu
menulis
ü Mampu
menyunting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
ü Mampu
menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau
pendapat
ü Mampu memberikan
masukan terhadap laporan perjalanan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
ü Mampu
menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah di tulis siswa
ü Mampu
memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang di tuntut dengan lafal yang
jelas dan intonasi yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
ü Mampu
menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
ü Mampu
menemukan informasi secara cepat dan tepat
ü Mampu
mengemuka-kan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
ü Mampu
menentukan sistematika
ü Mampu
menulis
ü Mampu
menyunting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
|
ü Mampu
menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengar-kan dengan kalimat singkat
ü Mampu
menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengar-kan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
ü Mampu
menentukan karakter tokoh
ü Mampu
berimprovi-sasi berdasarkan kerangka naskah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
ü Mampu
mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
ü Mampu
menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
ü Mampu
menyimpul-kan isi teks bacaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4
|
ü Mampu
menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide
ü Mampu
Mengem-bangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung
keaslian ide
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2008
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
Cik Aman. Ks S.Ag
Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753 NIP.
---
PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama sekolah : MTs Negeri
Muaradua
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / 2
Tahun Pelajaran : 2008 / 2009
No
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
5.1
|
ü Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh
ü Mampu
Mengeva-luasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan
dengan alasan yang logis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
ü Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
ü Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memerhati-kan etika berwawan-cara
|
|
|
|
|
|
|
||
5.3
|
ü Mampu
mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
ü Mampu
menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
ü Mampu
menyimpul-kan isi teks bacaan
|
|
|
|
|
|
|
||
5.4
|
ü Mampu
mendata urutan melakukan sesuatu
ü Mampu
Menyimpul-kan ciri-ciri bahasa petunjuk
ü Mampu
menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
||
6.1
|
ü Mampu
menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau
pendapat
ü Mampu
memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2
|
ü Mampu
mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
ü Mampu
Menyampai-kan laporan secara lisan
|
|
|
|
|
|
|
||
6.3
|
ü Mampu menganalisis
kerangka novel remaja yang dibaca
ü Mampu
menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis
|
|
|
|
|
|
|
||
6.4
|
ü Mampu
menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
ü Mampu
menemukan informasi secara cepat dan tepat
ü Mampu
mengemuka-kan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
|
|
|
|
|
|
||
6.5
|
ü Mampu
menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
ü Mampu
mengem-bangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
|
|
|
|
|
|
|
||
7.1
|
ü Mampu
menentukan unsur-unsur pementasan drama
ü Mampu
menanggapi tiap-tiap unsur dengan
alasan yang logis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2
|
ü Mencatat
pokok-pokok lapo ran berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topic
ü Mampu
menyampai-kan laporan secara lisan
|
|
|
|
|
|
|
||
7.3
|
ü Mampu
membaca arah mata angina
ü Mampu memberikan
penjelasan arah ke tempat yang di tuju dari tempat yang paling dekat
ü Mampu
mendeskrip-sikan arah ke tempat yang di tuju
|
|
|
|
|
|
|
||
7.4
|
ü Mampu
menetukan sistematika
ü Mampu
menulis
ü Mampu
menyunting
|
|
|
|
|
|
|
||
8.1
|
ü Mampu
menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
ü Mampu
menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengar-kan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2
|
ü Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
ü Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memerhati-kan etika berwawan-cara
|
|
|
|
|
|
|
||
8.3
|
ü Mampu
menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
ü Mampu
menganalisis teks drama teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
ü Mampu
keterkaitan antar unsur intrinsik dalam teks drama
|
|
|
|
|
|
|
||
8.4
|
ü Mampu
menyusun kerangka cerita drama
ü Mampu
menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan
memerhati-kan kaidah penulisan naskah drama
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2008
Kepala sekolah Guru
Mata Pelajaran
Cik Aman. Ks S.Ag
Ida
Laila, S.Pd
NIP. 150789753 NIP.
---
PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama sekolah : SMPN 2 Pemulutan Selatan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 1
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
No
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
1.1
|
· Mampu
menemukan tema syair berdasarkan inti pengung-kapan syair
· Mampu
menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
· Mampu mendeskrip-sikan
peristiwa secara rinci
· Mampu
melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas
|
|
|
|
|
|
|
||
1.3
|
· Mampu
mendata fakta yang ada dalam teks
· Mampu
mendata opini yang ada dalam teks
· Mampu
membeda-kan fakta dan opini
|
|
|
|
|
|
|
||
1.4
|
· Mampu
menentukan objek yang akan di iklankan
· Mampu
menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris
· Mampu
menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
· Mampu
menyunting iklan baris
|
|
|
|
|
|
|
||
2.1
|
· Mampu
menentukan tema dialog interaktif
· Mampu
menyimpul-kan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
· Mampu
mendeskrip-sikan peristiwa secara rinci
· Mampu
melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas
|
|
|
|
|
|
|
||
2.3
|
· Mampu
menyimpul-kan tema cerpen
· Mampu
menemukan latar cerpen dengan bukti factual
· Mampu
menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
||
2.4
|
· Mampu
mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
· Mampu
menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
· Mampu
menentukan alur cerita
· Mampu
menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
· Mampu
menyunting cerita pendek
|
|
|
|
|
|
|
||
3.1
|
· Mampu
Menyimpul-kan syarat-syarat syair
· Mampu
menganalisis syair yang diperdengar-kan berdasarkan unsur-unsur syair
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
·
Mampu menentukan
kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik
dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
|
|
|
|
|
|
|
||
3.3
|
·
Mampu menemukan
kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks
·
Mampu menemukan
informasi dengan panduan indeks
|
|
|
|
|
|
|
||
3.4
|
· Mampu menemukan
kesalahan ejaan, pilihan kata, keefek tifan kalimat, keterpaduan paragraph,
dan kebula tan wacana
· Mampu
mem perbaiki kesa lahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, kete
rpaduan para graph, dan kebulatan wacana
|
|
|
|
|
|
|
||
4.1
|
· Mampu
mendata pendapat tiap-tiap narasumber
· Mampu
mengomen-tari pendapat narasumber dengan
alasan yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
· Mampu
menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tehep-tahap dalam alur
· Mampu
menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
|
|
|
|
|
|
|
||
4.3
|
· Mampu
menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif
· Mampu
memban-dingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan dalam
kenyataan
· Mampu
menyimpul-kan nilai dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
4.4
|
· Mampu
menentukan ide-ide pokok sesuai tehep-tahap alur dalam cerpen
· Mampu
mengem-bangkan ide-ide pokok menjadi cerpen
· Mampu
menyunting cerpen
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2011
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
A Darwani AG,S.Pd Iwn Sugianto, S.Pd
NIP. I96710111987031001 NIP. 198311162010011011
PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama Sekolah : SMPN 2
Pemulutan Selatan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
No
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
Jumlah
|
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
Indikator
|
K D
|
S K
|
Mapel
|
|||
5.1
|
ü Mampu
men data pendapat tiap-tiap narasumber
ü Mampu
mengomen-tari pendapat narasumber dengan
alasan yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
ü Mampu
menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur
ü Mampu
menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
|
|
|
|
|
|
|
||
5.3
|
ü Mampu
mendata fakta yang ada dalam teks
ü Mampu
mendata opini yang ada dalam teks
ü Mampu
membeda-kan fakta dan opini
|
|
|
|
|
|
|
||
5.4
|
ü Mampu
meng identifi-kasi bentuk fisik dan isi buku serta menun jukkan kelebi han
serta kekurangan-nya
ü Mampu
merangkum isi buku
ü Mampu
menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan isi buku
ü Mampu
meresensi buku pengetahuan
ü Mampu
menyunting resensi
|
|
|
|
|
|
|
||
6.1
|
ü Mampu
menyimpul-kan syarat-syarat syair
ü Mampu
menganalisis syair yang diperdengar-kan berdasarkan unsur-unsur syair
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü Mampu
menentukan suasana puisi
ü Mampu
menghu-bungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
ü Mampu
menyanyikan puisi yang sudah dimusikali-sasi dengan berpedoman pada
kesesuaian isi puisi dan suasana/ irama yang dibangun
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu
menyimpul-kan tema cerpen
ü Mampu
menemukan latar cerpen dengan bukti factual
ü Mampu
menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu
menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
paragrap, dan kebulatan wacana
ü Mampu
memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
paragrap, dan kebulatan wacana
|
|
|
|
|
|
|
||
7.1
|
ü Mampu
menemukan tema syair berdasarkan inti pengung-kapan syair
ü Mampu
menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü Mampu
menentukan kekurangan dan keunggulan karya
ü Mampu
mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu menemukan
kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks
ü Mampu
menemukan informasi dengan panduan indeks
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu
mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
ü Mampu
menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
ü Mampu
menentukan alur cerita
ü Mampu
menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
ü Mampu
menyunting cerita pendek
|
|
|
|
|
|
|
||
8.1
|
ü Mampu
mengomen-tari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü Mampu
menentukan suasana puisi
ü Mampu
menghu-bungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
ü Mampu
menyanyikan puisi yang sudah dimusikali-sasi dengan berpedoman pada
kesesuaian isi puisi dan suasana/ irama yang dibangun
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu
menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan
cerpen
ü Mampu
memban-dingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
ü Mampu
menyimpul-kan nilai dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
|
ü Mampu
menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen
ü Mampu
mengem-bangkan ide-ide pokok menjadi cerpen
ü Mampu
menyunting cerpen
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Muaradua, Juli 2011
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
A Darwani AG,S.Pd Iwn Sugianto, S.Pd
NIP. I96710111987031001 NIP. 198311162010011011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar