Kamis, 05 Juli 2012

KKM bahasa indonesia


PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                               

                                Nama sekolah      : MTs Negeri  Muaradua
                                Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam
                                Kelas / Semester : VII / 1
                                Tahun Pelajaran : 2008 / 2009

No
INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
1.1
ü  Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng

ü  Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng









1.2
ü  Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesan-kan

ü  Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui Tanya jawab

ü  Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesan-kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan mengguna-kan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif







1.3
ü  Mampu membaca cepat 200 kata permenit

ü  Mampu menjawab Menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

ü  Mampu menyimpul-kan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan







1.4
ü  Mampu menuliskan pokok-pokok penga laman pribadi yang terjadi dlm suatu hari

ü  Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yg ekspresif







2.1
ü  Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/ televisi

ü  Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat








2.2
ü  Mampu menentukan pokok-pokok cerita.

ü  Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.

ü  Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.







2.3
ü  Mampu mengidenti-fikasi berbagai teks perangkat upacara.

ü  Mampu membaca-kan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat.







2.4
ü  Mampu menentu-kan syarat-syarat pantun.

ü  Mampu menulis pantun

ü  Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun.








3.1
ü  Mampu menunjuk-kan pokok-pokok berita yang didengarkan

ü  Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita

ü  Mampu menyimpul-kan isi berita dalam satu alinea.







3.2
ü  Mampu Menentukan unsur/ bagian buku cerita yang akan dikomentari.

ü  Mampu Mengomen-tari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.







3.3
ü  Mampu menentukan pokok-pokok cerita.

ü  Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.

ü  Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.







3.4
ü  Mampu menentu-kan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi.

ü  Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

ü  Mampu menyunting surat.







4.1
ü  Mampu menemukan isi di dalam dongeng

ü  Mampu merelevansi-kan isi dongeng dengan situasi sekarang








4.2
ü  Mampu menentukan pokok-pokok pengu-muman

ü  Mampu merangkai pokok-pokok pengu-muman

ü  Mampu mengumum-kan dengan intonasi yang tepat serta mengguna-kan kalimat yang lugas dan sederhana.







4.3
ü  Mampu menemu-kan tema secara cepat dan tepat

ü  Mampu menemu-kan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan







4.4
ü  Mampu menentu-kan pokok-pokok dongeng

ü  Mampu menulis dongeng berdasar-kan urutan pokok-pokok dongeng








5.1
ü  Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng

ü  Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
ü   







5.2
ü  Mampu menentukan pokok-pokok cerita

ü  Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik

ü  Mampu bercerita dengan mengguna-kan alat
ü   






5.3
ü  Mampu menemu-kan tema secara cepat dan tepat

ü  Mampu menemu-kan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
ü   






5.4
ü  Mampu menuliskan pokok-pokok pengala-man pribadi yang terjadi dalam suatu hari

ü  Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif








Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2008                                                                                                                                
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




Cik Aman. Ks S.Ag                                                                                                                               Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753                                                                                                                         NIP. ---











PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                               
                                Nama sekolah      : MTs Negeri Muaradua
                                Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
                                Kelas / Semester : VII / 2
                                Tahun Pelajaran : 2008 / 2009

No
KD / INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
6.1
ü  Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi

ü  Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat









6.2
ü  Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesan-kan

ü  Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya jawab

ü  Mampu mencerita-kan pengalaman yang paling mengesan-kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif







6.3
ü  Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca

ü  Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita

ü  Mampu mencerita-kan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.







6.4
ü  Mampu menentu-kan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

ü  Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

ü  Mampu menyunting surat







7.1
ü  Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi

ü  Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat








7.2
ü  Mampu menentukan pokok-pokok cerita

ü  Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat







7.3
ü  Mampu mendata membaca cepat 200 kata permenit

ü  Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

ü  Mampu menyimpul-kan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan







7.4
ü  Mampu menentukan syarat-syarat pantun

ü  Mampu menulis pantun

ü  Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun








8.1
ü  Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng

ü  Mampu merangkai ide-ide menarik dari dongeng








8.2
ü Mampu menentukan pokok-pokok peng-umuman

ü Mampu merangkai pokok-pokok peng-umuman menjadi sebuah peng-umuman

ü Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana







8.3
ü Mampu menentukan unsur/ bagian buku cerita yang akan dikomentari

ü Mampu mengomen-tari cerita dengan alas an yang logis dan bahasa yang santun







8.4
ü  Mampu menentu-kan pokok-pokok peng-umuman

ü  Mampu menulis teks peng-umuman dengan bahasa yang efektif

ü  Mampu menyunting teks peng-umuman









Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2008                                                                                                                                
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




Cik Aman. Ks S.Ag                                                                                                                               Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753                                                                                                                         NIP. ---






PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


                               

                Nama sekolah      : MTs Negeri  Muaradua
                Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam
                Kelas / Semester : VIII / 1
                Tahun Pelajaran : 2008 / 2009


No
INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
1.1
ü Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat

ü Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman









1.2
ü Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara

ü Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhati-kan etika berwawan-cara








1.3
ü Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca

ü Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis








1.4
ü Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema

ü Mampu mengem-bangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif








2.1
ü Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama

ü Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis









2.2
ü Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa

ü Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat








2.3
ü Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman

ü Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

ü Mampu menyimpul-kan isi teks bacaan








2.4
ü Mampu menentukan sistematika surat dinas

ü Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku

ü Mampu menyunting surat dinas








3.1
ü Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat

ü Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman









3.2
ü Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah di tulis siswa

ü Mampu memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang di tuntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat








3.3
ü Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat

ü Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat

ü Mampu mengemuka-kan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri








3.4
ü Mampu menentukan sistematika surat dinas

ü Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku

ü Mampu menyunting surat dinas







4.1
ü Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengar-kan dengan kalimat singkat

ü Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengar-kan









4.2
ü Mampu menentukan karakter tokoh

ü Mampu berimprovi-sasi berdasarkan kerangka naskah








4.3
ü Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman

ü Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

ü Mampu menyimpul-kan isi teks bacaan








4.4
ü Mampu menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide

ü Mampu Mengem-bangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keaslian ide














Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2008                                                                                                                                
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




Cik Aman. Ks S.Ag                                                                                                                               Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753                                                                                                                         NIP. ---




























PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


                               
Nama sekolah      : MTs Negeri Muaradua
                Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam
                Kelas / Semester : VIII / 2
                Tahun Pelajaran : 2008 / 2009

No
INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
5.1
ü Mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh

ü Mampu Mengeva-luasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis









5.2
ü Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara

ü Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memerhati-kan etika berwawan-cara







5.3
ü Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman

ü Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

ü Mampu menyimpul-kan isi teks bacaan







5.4
ü Mampu mendata urutan melakukan sesuatu

ü Mampu Menyimpul-kan ciri-ciri bahasa petunjuk

ü Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif







6.1
ü Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat

ü Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman








6.2
ü Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik

ü Mampu Menyampai-kan laporan secara lisan







6.3
ü Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca

ü Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis







6.4
ü Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat

ü Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat

ü Mampu mengemuka-kan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri







6.5
ü Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema

ü Mampu mengem-bangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif







7.1
ü Mampu menentukan unsur-unsur  pementasan drama

ü Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan    alasan yang logis








7.2
ü Mencatat pokok-pokok lapo ran berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topic

ü Mampu menyampai-kan laporan secara lisan







7.3
ü Mampu membaca arah mata angina

ü Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang di tuju dari tempat yang paling dekat

ü Mampu mendeskrip-sikan arah ke tempat yang di tuju







7.4
ü Mampu menetukan sistematika surat dinas

ü Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku

ü Mampu menyunting surat dinas







8.1
ü Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat

ü Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengar-kan








8.2
ü Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara

ü Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memerhati-kan etika berwawan-cara







8.3
ü Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama

ü Mampu menganalisis teks drama teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya

ü Mampu keterkaitan antar unsur intrinsik dalam teks drama







8.4
ü Mampu menyusun kerangka cerita drama

ü Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memerhati-kan kaidah penulisan naskah drama








Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2008                                                                                                                                
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran

Cik Aman. Ks S.Ag                                                                                                                               Ida Laila, S.Pd
NIP. 150789753                                                                                                                         NIP. ---
































PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


                               
                Nama sekolah      : SMPN 2 Pemulutan Selatan
                Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
                Kelas / Semester : IX / 1
                Tahun Pelajaran : 2011 / 2012


No
INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
1.1
·      Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengung-kapan syair

·      Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan









1.2
·      Mampu mendeskrip-sikan peristiwa secara rinci

·      Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas







1.3
·      Mampu mendata fakta yang ada dalam teks

·      Mampu mendata opini yang ada dalam teks

·      Mampu membeda-kan fakta dan opini







1.4
·      Mampu menentukan objek yang akan di iklankan

·      Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris

·      Mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

·      Mampu menyunting iklan baris







2.1
·      Mampu menentukan tema dialog interaktif

·      Mampu menyimpul-kan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis








2.2
·      Mampu mendeskrip-sikan peristiwa secara rinci

·      Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas







2.3
·      Mampu menyimpul-kan tema cerpen

·      Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti factual

·      Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan







2.4
·      Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami

·      Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih

·      Mampu menentukan alur cerita

·      Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

·      Mampu menyunting cerita pendek







3.1
·      Mampu Menyimpul-kan syarat-syarat syair

·      Mampu menganalisis syair yang diperdengar-kan berdasarkan unsur-unsur syair








3.2
·      Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya

·      Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun







3.3
·      Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks

·      Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks







3.4
·      Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefek tifan kalimat, keterpaduan paragraph, dan kebula tan wacana

·      Mampu mem perbaiki kesa lahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, kete rpaduan para graph, dan kebulatan wacana







4.1
·      Mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber

·      Mampu mengomen-tari pendapat narasumber dengan     alasan yang meyakinkan








4.2
·      Mampu menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tehep-tahap dalam alur

·      Mampu menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya







4.3
·      Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif

·      Mampu memban-dingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan dalam kenyataan

·      Mampu menyimpul-kan nilai dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa







4.4
·      Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tehep-tahap alur dalam cerpen

·      Mampu mengem-bangkan ide-ide pokok menjadi cerpen

·      Mampu menyunting cerpen









Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2011                                                                                                                               
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




A Darwani AG,S.Pd                                                                                                                              Iwn Sugianto, S.Pd
NIP. I96710111987031001                                                                                                                      NIP. 198311162010011011

























PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                Nama Sekolah     : SMPN 2 Pemulutan Selatan
                Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
                Kelas / Semester : IX / 2
                Tahun Pelajaran : 2011 / 2012

No
INDIKATOR
ASPEK
Jumlah
KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Indikator
K D
S K
Mapel
5.1
ü Mampu men data pendapat tiap-tiap narasumber

ü Mampu mengomen-tari pendapat narasumber dengan    alasan yang meyakinkan









5.2
ü Mampu menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur

ü Mampu menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya







5.3
ü Mampu mendata fakta yang ada dalam teks

ü Mampu mendata opini yang ada dalam teks

ü Mampu membeda-kan fakta dan opini







5.4
ü Mampu meng identifi-kasi bentuk fisik dan isi buku serta menun jukkan kelebi han serta  kekurangan-nya

ü Mampu merangkum isi buku

ü Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan isi buku

ü Mampu meresensi buku pengetahuan

ü Mampu menyunting resensi







6.1
ü Mampu menyimpul-kan syarat-syarat syair

ü Mampu menganalisis syair yang diperdengar-kan berdasarkan unsur-unsur syair









ü Mampu menentukan suasana puisi

ü Mampu menghu-bungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi

ü Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikali-sasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/ irama yang dibangun








ü Mampu menyimpul-kan tema cerpen

ü Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti factual

ü Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan








ü Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragrap, dan kebulatan wacana

ü Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragrap, dan kebulatan wacana







7.1
ü Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengung-kapan syair

ü Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan









ü Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya

ü Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun








ü Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks

ü Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks








ü Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami

ü Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih

ü Mampu menentukan alur cerita

ü Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

ü Mampu menyunting cerita pendek







8.1
ü Mampu mengomen-tari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan









ü Mampu menentukan suasana puisi

ü Mampu menghu-bungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi

ü Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikali-sasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/ irama yang dibangun








ü Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen

ü Mampu memban-dingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa

ü Mampu menyimpul-kan nilai dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa








ü Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen

ü Mampu mengem-bangkan ide-ide pokok menjadi cerpen

ü Mampu menyunting cerpen









Mengetahui,                                                                                                                                          Muaradua,    Juli 2011                                                                                                                               
Kepala sekolah                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




A Darwani AG,S.Pd                                                                                                                              Iwn Sugianto, S.Pd
NIP. I96710111987031001                                                                                                                      NIP. 198311162010011011






Tidak ada komentar:

Posting Komentar